URAIAN TUGAS DAN FUNGSI

A. Kepala Dinas

Kepala Dinas Pendidikan mempunyai tugas pokok memimpin, membina dan mengkoordinasikan serta mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan bidang Pendidikan serta melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang Pendidikan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Dalam melaksanakan tugas Kepala Dinas Pendidikan menyelenggarakan fungsi Sebagai Berikut :

a. Penetapan kebijakan teknis bidang pendidikan sesuai dengan rencana strategis yang ditetapkan pemerintah daerah;

b. Perencanaan, pembinaan pengendalian kebijakan teknis di bidang pendidikan;

c. Perencanaan, pembinaan dan pengkoordinasian dan pengendalian kebijakan teknis bidang pendidikan dasar;

d. Perencanaan, pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian kebijakan teknis bidang pendidikan menengah;

e. Perencanaan, pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian kebijakan teknis bidang pendidikan luar sekolah;

f. Perencanaan, pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian kebijakan teknis bidang pengembangan mutu pendidik tenaga kependidikan;

g. Pembinaan penyelenggaraan urusan Kesekretariatan dinas;

h. Pembinaan unit pelaksana Teknis Dinas; dan

i. Pembinaan kelompok Jabatan Fungsional.

Kepala Dinas Pendidikan mempunyai Uraian Tugas sebagai berikut:

a. Merumuskan Kebijakan Bidang Pendidikan berdasarkan Visi dan Misi daerah sesuai ketentuan perundang undangan yang berlaku sebagai pedoman Perencanaan program Bidang Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

b. Merencanakan Program Bidang Pedidikan berdasarkan Kebijakan teknis perencanaan sesuai ketentuanyang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan Program Bidang Pedidikan daerah.

c. Memberi Perintah Kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan Program kegiatan Bidang Pendidikan.

d. Membina bawahan baik dalam hal pelaksanaan program kerja maupun peningkatan SDM seluruh bagian pada Dinas Pendidikan Pemkab. Kutai Timur.

e. Melaksanakan pemantauan Program Kegiatan Bidang Pendidikan secara priodik sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebagai bahan evaluasi tugas pimpinan.

f. Mengevaluasi kegiatanBidang Pendidikan Daerah sesuai laporan kegiatan yang telah dilaksanakan untuk mengetahui kemajuan pelaksanaan pembangunan dibidang pendidikan daerah Kab. Kutai Timur.

g. Menganalisis pelaporan hasil Bidang Pendidikan sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban Realisai Anggaran Bidang Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

h. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang.

i. Melaporkan pelaksanaan tugas Kepada Bupati / Sekda /Asisten dalam hal Pelaksanaan Bidang Pendidikan dilingkungan Pemkab. Kutai Timur sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan Rencana yang akan datang. dan

j. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

B. Sekretaris

(1) Sekretaris sebagaimana dimaksud mempunyai tugas pokok:Membantu KepalaDinasdalam melaksanakankoordinasi pelaksanaan tugas bidang dan pelayanan teknis serta administratif kepada seluruh satuan organisasi dalam lingkungan Dinas Pendidikan yang meliputi perencanaan program, Umum, dan keuangan, sesuai dengan peraturan danketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan program kegiatan pada Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

(2) Sekretaris dipimpin oleh sekretaris yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung pada Kepala Dinas.

(3) Sekretaris membawahkan sub bagian yang dipimpin oleh kepala sub bagian dan bertanggungjawab langsung pada sekretaris.

(4) Sub Bagian sebagaimana dimaksud terdiri atas:

a. Sub Bagian PerencanaanProgram;

b. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

c. Sub Bagian Keuangan.

Untuk melaksanakan tugas Sekretaris menyelenggarakan fungsi :

a. Pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana kerja, anggaran dan laporan;

b. Pengolahan dan analisis informasi, data, dan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang tugasnya;

c. Pengelolaan dan pengawasan kegiatan administrasi umum dan kepegawaian, keuangan, perlengkapan, rumah tangga dinas, dokumentasi dan perpustakaan;

d. Pengumpulan data sebagai bahan informasi, hubungan masyarakat dan keprotokolan;

e. Penyelenggaraan pengadaan perlengkapan, pemeliharaan dan inventarisasi; dan

f. Pengusulan program pendidikan dan pelatihan aparatur/ kepegawaian.

Sekretaris mempunyai Uraian Tugas sebagai berikut:

a. Menyusun rencana kerja, program, dan kegiatan Sekretariat sebagai pedoman dan acuan kerja;

b. Mengkoordinasikan penyusunan program kerja Dinas Pendidikan;

c. Mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedomandan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan lingkup tugas sekretariat;

d. Merumuskan bahan pengelolaan dan koordinasi administrasi umum dan kepegawaian; perencanaan program; dan keuangan Dinas Pendidikan;

e. Memfasilitasi dan memberikan pelayanan teknis administrasi dalam lingkungan Dinas Pendidikan;

f. Merumuskan bahan pengelolaan dan koordinasi dokumentasi, perpustakaan dan perlengkapan/perbekalan rumah tangga serta pembinaan hubungan kemasyarakatan dan urusan keprotokolan Dinas Pendidikan;

g. Menyusun pedoman dan menyelenggarakan monitoring dan evaluasi laporan kinerja Dinas Pendidikan;

h. Menghimpun, mengelola, dan menyajikan data/informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas Dinas Pendidikan;

i. Memfasilitasi kerjasama dengan instansi terkait, Kabupaten/ Kota, instansi vertikal serta pihak ketiga berdasarkan peraturan perundangundangan yang berlaku untuk keberhasilan program kerja;

j. Mensinkronisasikan penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas bidang-bidang;

k. Mengkoordinasikan pengumpulan bahan Rencana Kerja Anggaran (RKA) untuk menjadi Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pendidikan;

l. Mengkoordinasikan penyusunan Renstra dan RKT Dinas Pendidikan;

m. Mengendalikan kegiatan kesektariatan dalam rangka mendukung kegiatan Dinas Pendidikan;

n. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya;

o. Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas jabatan;

p. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penilaian kinerja bawahan; dan

q. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

C. Sub Bagian Perencanaan Program

Sub Bagian Perencanaan Program mempunyai tugas pokok :Memimpin, Merencanakan, Mendistribusikan, Mengkoordinasikan, menyiapkan, menyusun, melaksanakan, mengevaluasi program kegiatanSub bagian Perencanaan Program sesuai dengan peraturan danketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan program kegiatan bagian keseketariatan.

Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Perencanaan Program menyelenggarakan fungsi :

a. Pengelolaan dan pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA);

b. Pengumpulkan dan pengolahan data serta informasi sebagai bahan untuk penyusunan program; dan

c. Penyusunan bahan evaluasi, monitoring dan pengendalian program.

Sub Bagian Perencanaan Program mempunyai Uraian Tugas sebagai berikut:

a. Melaksanakan penyusunan program dan kegiatan sub bagian perencanaan program;

b. Menghimpun bahan-bahan dalam rangka penyusunan Renstra, RKA, DPA, dan LAKIP;

c. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan rencana dan program, evaluasi, serta pelaporan;

d. Menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tata laksanadi lingkungan dinas serta penyiapan data/informasi dalam rangka penyajian dan penyebarluasan informasi Pendidikan;

e. Membuat data analisis kegiatan Pendidikan sebagai bahan acuan dalam penyelenggaraan program kerja Dinas Pendidikan;

f. Mengumpulkan bahan monitoring, evaluasi, danpelaporan realisasi anggaran secara periodik berdasarkan rencana dan realisasinya;

g. Menyiapkan laporan progres kegiatan Dinas Pendidikan;

h. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya;

i. Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas jabatan;

j. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan dan penilaian kinerja bawahan; dan

k. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

D. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub BagianUmum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok : Memimpin, Merencanakan, Mendistribusikan, Mengkoordinasikan, menyiapkan, menyusun, melaksanakan, mengevaluasi program kegiatan Sub Bagian Umum (mengelola tatausaha, mengelola surat menyurat dan kearsipan, inventaris dan kekayaan, rumah tangga, dan tugas umum lainnya) sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan program kegiatan bagian umum.

Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi:

a. Penyelenggaraan kegiatan surat menyurat dan tata kearsipan; urusan rumah tangga dinas dan administrasi perjalanan dinas;

b. Pemprosesan administrasi pengadaan perlengkapan, pemeliharaan dan inventarisasi;

c. Pengumpulan, menyusun dan menilai rencana kebutuhan kantor sesuai dengan standarisasi yang berlaku;

d. Pengkoordinasian urusan administrasi kepegawaian;

e. Pengajuan usulan untuk penghapusan Barang-Barang Milik Negara berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;

f. Pengkoordinasian urusan Humas dan keprotokolan;

g. Penyiapan bahan informasi tentang kegiatan unit kerjanya; dan

h. Pengkoordinasian dengan sub bagian, seksi dan instansi lain.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai Uraian Tugas sebagai berikut:

a. Melaksanakan penyusunan program dan kegiatan sub bagian umum;

b. Menyelenggarakan dan mengelola administrasi kepegawaian dinas, termasuk pengelolaan data kepegawaian, bahan mutasi serta kenaikan pangkat;

c. Menyelenggarakan urusan perlengkapan dan urusan kerumahtanggaan dinas;

d. Melaksanakan administrasi surat-menyurat, kearsipan, tatalaksana dan naskah, serta perpustakaan dinas;

e. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan administrasi umum dan kepegawaian, ketatalaksanaan, perlengkapan dan pemeliharaan, hukum dan kehumasan serta pengaduan masyarakat;

f. Mempersiapkan bahan pelaksanaan kehumasan, protokol, dan perjalanan dinas;

g. Mengusulkan dan memproses pegawai untuk mengikuti diklat penjenjangan dan fungsional, kursus-kursus, maupun ujian dinas pegawai;

h. Mempersiapkan bahan koordinasi penerimaan tamu, keprotokolan, dan pengelolaan perpustakaan di lingkungan Dinas Pendidikan;

i. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya;

j. Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas jabatan;

k. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penilaian kinerja bawahan; dan

l. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

E. Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian mempunyai tugas pokok : memimpin, merencanakan, mendistribusikan, mengkoordinasikan, menyiapkan, menyusun, melaksanakan, mengevaluasi program kegiatan Sub Bagian Keuangan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan urusan Keuangan Dinas Pendidikan.

Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Keuanganmenyelenggarakan fungsi:

a. Pelaksanaan urusan administrasi keuangan dan akuntansi;

b. Pengelolaan penatausahaan keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

c. Penyiapan administrasi pertanggungjawaban serta laporan keuangan; dan

d. Pelaksanaan verifikasi keuangan secara berkala.

Sub BagianKeuanganmempunyai Uraian Tugas sebagai berikut:

a. Melaksanakan penyusunan program dan kegiatan sub bagian keuangan;

b. Melaksanakan penatausahaan akuntansi dan administrasi keuangan Dinas Pendidikan;

c. Menyiapkan bahan untuk koordinasi pada Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten;

d. Membuat laporan keuangan secara berkala, pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi laporan keuangan serta perbendaharaan;

e. Menyiapkan bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan;

f. Menyiapkan bahan pengusulan, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan anggaran rutin dan pembangunan, serta anggaran subsidi;

g. Menyiapkan bahan serta memberikan pelayanan dalam rangka pemeriksaan keuangan;

h. Menyelenggarakan perbendaharaan keuangan, pembukuan keuangan, verifikasi, dan perhitungan anggaran keuangan Dinas Pendidikan;

i. Melaksanakan urusan pembayaran gaji pegawai, pembayaran belanja barang, belanja pemeliharaan, dan pembayaran biaya perjalanan dinas;

j. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya;

k. Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas jabatan;

l. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penilaian kinerja bawahan; dan

m. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam menyelenggarakan tupoksinya kepala Sub Bagian Sekretaris Dinas Pendidikan dibantu oleh beberapa orang pegawai non strutkural dan atau pejabat fungsional, yang merupakan unsur pelaksana operasional pelayanan administratif Sekretariat Dinas Pendidikan. Pegawai non struktural dan pejabat fungsional sebagaimana dimaksud dalam melaksanakan tupoksinya berkedudukan langsung dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sub Bagian masingmasing.

F. Bidang Pendidikan Dasar

(1) Bidang Pendidikan Dasarmempunyai tugas: memimpin, merencanakan, mendistribusikan, mengkoordinasikan, menyiapkan, menyusun, melaksanakan, mengevaluasi program kegiatan Bidang Pendidikan Dasar (bimbingan dan pengendalian teknis lingkup bidang Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Dasar, Pengendalian Mutu dan Ketenagaan Pendidikan Dasar, Sarana Prasarana dan Inventarisasi Pendidikan Dasar) sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan urusan dibidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur.

(2) Bidang Pendidikan Dasar dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung pada Kepala Dinas Pendidikan.

(3) Bidang Pendidikan Dasar membawahkan Seksi yang dipimpin oleh Kepala Seksi dan bertanggungjawab langsung pada Kepala Bidang.

(4) Seksi sebagaimana dimaksud terdiri atas:

a. Seksi Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Dasar;

b. SeksiPengendalian Mutu dan Ketenagaan Pendidikan Dasar; dan

c. Seksi Sarana dan Prasarana dan Invantarisasi Pendidikan Dasar.

Untuk melaksanakan tugas Bidang Pendidikan Dasar menyelenggarakan fungsi:

a. Penyusunan bahan perencanaan program kegiatan dalam bidang Pendidikan Dasar;

b. Perumusan bahan kebijakan dalam bidang Pendidikan Dasar;

c. Perumusan bahan koordinasi kegiatan dalam bidang Pendidikan Dasar;

d. Perumusan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis dalam bidang Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Dasar;

e. Perumusan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis dalam bidang Pengendalian Mutu dan Ketenagaan Pendidikan Dasar;

f. Perumusan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis dalam bidang Sarana Prasarana dan Inventarisasi Pendidikan Dasar.

Bidang Pendidikan Dasar mempunyai Uraian Tugas sebagai berikut:

a. Menyusun program dan kegiatan bidang pendidikan dasar sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku;

b. Merumuskan kebijakan dalam bidang Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Dasar, Pengendalian Mutu dan Ketenagaan Pendidikan Dasar, Sarana Prasarana dan Inventarisasi Pendidikan Dasar;

c. Menyusun program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang bidang pendidikan dasar;

d. Merumuskan bahan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan standar nasional pendidikan dasar; implementasi standar isi dan standar kompetensi lulusan pendidikan dasar;

e. Merumuskan bahan pembinaan, pengawasan dan/atau pengelolaan satuan pendidikan dasar bertaraf internasional; pengelolaan pendidikan berbasis keunggulan lokal pada pendidikan dasar;

f. Mengusulkan pemberian izin pendirian dan pencabutan izin operasional satuan pendidikan dasar berbasis keunggulan lokal;

g. Menyusun bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar berbasis unggulan lokal, nasional dan bertaraf internasional;

h. Menyiapkan bahan koordinasi pengembangan struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan pada pendidikan dasar; dan pelaksanaan tugas pengawas pendidikan dasar;

i. Menyelenggarakan penerapan standar kualifikasi pendidik pada pendidikan dasar;

j. Menyusun pengadaan dan pemenuhan prasarana dan sarana pendidikan dasar sesuai standar nasional;

k. Memantau pendayagunaan prasarana dan sarana pendidikan dasar;

l. Merumuskan bahan perencanaan kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;

m. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya;

n. Menyusun bahan evaluasi pelaporan pelaksanaan tugas jabatan;

o. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penilaian kinerja bawahan; dan

p. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.



Download:

Tautan aplikasi

SIMPEG

Buka

SIMGAJI

Buka

SPPD

Buka

E-Learning

Buka

SIM Karir Guru

Buka

PPDB

Buka

Loading...