Batik Kaltim 2

Batik Kaltim 3


13 December 2017

Alkisah diceritakan bahwa batik ini berasal dari cerita seorang putri Junjung Buih yang muncul di hadapan Raja Lambung Mangkurat ketika dirinya bertapa selama 40 hari 40 malam. Pertemuan tersebut menjadi cikal bakal yang kelak menghantarkan Raja memiliki kekuasaan di banua tersebut. Putri Junjung Buih pun hanya akan muncul di permukaan dengan memberikan syarat tertentu, berupa permintaan untuk dibuatkan istana bernama Batung dan kain yang ditenun serta diwarnai oleh 40 orang putri dengan motif yang diberi nama wadi. Dari sinilah akhirnya dikenal istilah kain calapan/sasirangan yang akhirnya menjadi cikal bakal batik Kalimantan.

Batik Kalimantan pada dasarnya memiliki beberapa jenis motif, diantaranya batik sasirangan yang berasal dari Kalimantan Selatan, Batik Benang Bintik (Kalimantan Tengah), Batik Pontianak (Kalimantan Barat) serta Batik Shaho dari Kalimantan Timur. Masing-masing batik tersebut memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Dari sisi warna sendiri, batik Kalimantan memiliki warna-warna yang lebih menarik dan berani sehingga enak dipandang.

Perpaduan warna seperti hijau, pink, orange, serta merah menjadi salah satu ciri khas dari warna batik Kalimantan. Beragam jenis motif seringkali menjadi ciri khas batik ini, misalnya motif batang garing yang menjadi perlambang pohon kehidupan bagi masyarakat suku Dayak. Pohon ini mengisyaratkan tentang hubungan vertikal antara manusia dengan Sang Penguasa. Selain itu, ia juga menggambarkan hubungan horizontal antara manusia dengan mahluk lain di bumi.

Di Kalimantan Tengah, terdapat batik yang sangat terkenal bernama Benang Bintik. Coraknya sarat dengan pengaruh Kaharingan yang merupakan kepercayaan leluhur suku Dayak. Dalam kepercayaan ini, dikenal banyak simbol yang kemudian menjelma menjadi kreasi motif penuh makna di atas kain batik Kalimantan Tengah. Beragam simbol tersebut berwujud benda alam yang terdapat di ruang angkasa, di bumi, dan dalam diri manusia itu sendiri.

Tautan aplikasi

SIMPEG

Buka

SIMGAJI

Buka

SPPD

Buka

E-Learning

Buka

SIM Karir Guru

Buka

PPDB

Buka

Loading...