21 March 2019

Beasiswa LPDP 2019/2020 untuk S2 dan S3

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Beasiswa LPDP 2019/2020 untuk S2 dan S3. Informasi ini disampaikan terutama untuk mahasiswa dan dosen. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan lembaga yang mengelola dana pendidikan melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN).
Program LPDP terbagi menjadi 2 yaitu :
  1. Program beasiswa yang disebut dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia
  2. Program Pendanaan Riset
Penjelasan lebih lanjut akan diberikan berikut ini.
1. Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)
Di kalangan mahasiswa, Beasiswa Pendidikan Indonesia lebih dikenal dengan nama beasiswa LPDP. Mungkin hal itu terjadi karena yang mengelola Beasiswa Pendidikan Indonesia ini adalah LPDP sendiri sehingga untuk lebih mudah mengingatnya beasiswa tersebut disebut denganBeasiswa LPDP. Namun disini kita bukan membahas soal itu, anda boleh menyebutnya Beasiswa Pendidikan Indonesia atau beasiswa LPDP.
Ada beberapa macam Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) /Beasiswa LPDP, yaitu :
  • Beasiswa Magister dan Doktor
  • Beasiswa Tesis dan Disertasi
  • Beasiswa Afirmasi
  • Beasiswa Spesialis Kedokteran
  • Presidential Scholarship

Dari kelima macam beasiswa tersebut, silahkan anda pilih salah satu yang sesuai dengan ketentuan dan sesuai dengan minat anda.
Berikut diberikan penjelasan singkat mengenai masing-masing Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) /Beasiswa LPDP.
a. Beasiswa Magister dan Doktor
Beasiswa Magister dan Doktor diberikan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi dalam negeri ataupun perguruan tinggi luar negeri yang mana perguruan tinggi yang dituju merupakan perguruan tinggi mitra dari LPDP.
b. Beasiswa Tesis dan Disertasi
Beasiswa Tesis dan Disertasi adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa jenjang Magister atau Doktor yang mengalami kendala pembiayaan penyelesaian tugas akhir berupa Tesis atau Disertasi. Mahasiswa yang demikian dapat mengajukan beasiswa LPDP jenis ini.
c. Beasiswa Afirmasi
Beasiswa Afirmasi adalah beasiswa yang diberikan kepada putra-putri Indonesia yang telah berjasa mengharumkan nama bangsa dalam berbagai kompetisi ditingkat Internasional, tetapi terkendala secara ekonomi saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kelompok masyarakat berprestasi yang berasal dari keluarga miskin termasuk juga lulusan penerima Bidikmisi.
d.Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis
Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis adalah beasiswa yang diberikan kepadakepada masyarakat untuk studi lanjut pada program spesialis kedokteran khusus Perguruan Tinggi unggulan di dalam negeri.

e. Presidential Scholarship
Presidential Scholarship adalah beasiswa yang dikelola oleh LPDP bekerjasama dengan pihak Kepresidenan RI untuk menempuh studi pada perguruan tinggi terbaik di dunia dalam rangka bertujuan menyiapkan generasi emas Indonesia.

Itulah penjelasan singkat tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) /Beasiswa LPDP. Untuk penjelasan terperinci masing-masing beasiswa di atas akan admin berikan nanti.

2. Program Pendanaan Riset

Selain informasi di atas, selanjutnya anda juga perlu mengetahui informasi tentang Program Pendanaan Riset yang dikelola oleh LPDP. Berikut informasinya :

a.Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional
Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional merupakan salah satu bentuk penganugerahan kepada periset atau kelompok periset yang telah berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal internasional yang terindeks lembaga profesional.

Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional ditujukan untuk artikel ilmiah yang bertema strategis terkait dengan pengembangan khazanah ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

b.Bantuan Dana Riset Inovatif-Produktif (RISPRO)
Bantuan Dana RISPRO adalah program pendanaan riset bersifat multidisiplin dan dilaksanakan dalam tahun jamak (multiyears) yang ditujukan untuk mendorong inovasi produk riset dan mengarah pada komersialisasi/implementasi luaran riset. Tujuan bantuan dana ini agar dapat mendorong riset yang dapat meningkatkan daya saing bangsa dengan arah sebagai berikut:
  1. Mengembangkan dan/atau menghasilkan produk
  2. Mengembangkan dan/atau menghasilkan kebijakan publik
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Melestarikan nilai dan budaya bangsa
  5. Memberdayakan masyarakat.
Itulah informasi tentangBeasiswa LPDP. Untuk informasi yang belum lengkap maka akan diberikan nanti atau bisa anda lihat langsung di web resmi LPDP.
Alur Pendaftaran
Bagi anda yang ingin mendaftar program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang diselenggarakan oleh LPDP, silahkan lakukan pendaftaran dengan alur sebagai berikut :
  1. Buka alamatwww.lpdp.kemenkeu.go.id
  2. Klik tombol Pendaftaran Online pada kolom Beasiswa yang terletak dibagian agak bawah atau bisa langsung buka alamatbeasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id
  3. Selanjutnya silahkan Klik tombol buat akun bagi yang belum memiliki akun.
  4. Isilah data secara lengkap dan benar.
  5. Tunggu konfirmasi dari sistem untuk pengaktifan email dan pasword anda.
  6. Setelah email dan pasword aktif, silahkan login ke alamat beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id
  7. Lengkapi data-data yang tersedia dan ikuti petunjukan yang ada
Itulah alur pendaftaran yang dapat anda ikuti untuk bisa mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang diselenggarakan oleh LPDP.

Sedangkan untuk yang ingin mendaftar di program Pendanaan Riset, alur pendaftarannyaakan diberikan berikut ini :
  1. Buka alamatwww.lpdp.kemenkeu.go.id
  2. Klik tombol Pendaftaran Online pada kolom Pendaftaarn Riset yang terletak dibagian agak bawah atau bisa langsung buka alamat www.rispro.lpdp.kemenkeu.go.id
  3. Selanjutnya silahkan Klik tombol buat akun bagi yang belum memiliki akun.
  4. Isilah data secara lengkap dan benar.
  5. Tunggu konfirmasi dari sistem untuk pengaktifan email dan pasword anda.
  6. Setelah email dan pasword aktif, silahkan login ke alamat www.rispro.lpdp.kemenkeu.go.id
  7. Lengkapi data pendaftaran anda dan ikuti petunjukan yang diberikan

Silahkan buka alamat web resmi berikuthttp://www.rispro.lpdp.depkeu.go.id kemudian buat akun pendaftaran bagi yang belum memilikinya. Selanjutnnya login ke sistem untuk melakukan pendaftaran.

Jadwal Pendaftaran

1. Program Beasiswa Pendidikan Indonesia

Pendaftaran biasanya dibuka 4 periode :
  • Periode I dimulai dari Oktober tahun sebelumnya hingga Januari tahun ini
  • Periode II dimulai dari Januari hingga April
  • Periode III dimulai dari April hingga Juli
  • Periode IV dimulai dari Juli hingga Oktober tahun ini.
2. Program Pendanaan Riset

Pendaftaran biasanya dibuka 2 periode :
  • Periode I dibuka dariPeriode Juli tahun sebelumnya hingga Januari tahun ini
  • Periode II dibuka dari Januari hingga Juli tahun ini
Jadwal di atas hanyalah jadwal umum. Untuk jadwal rinci bisa anda lihat langsung di web resmi LPDP.
Catatan : Itulah informasi tentang Beasiswa LPDP. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmiBeasiswa LPDP.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentangBeasiswa LPDPuntuk S2 dan S3. Semoga informasi singkat tersebut dapat memberikan gambaran terutama bagi anda yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut.
Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.

Tautan aplikasi

SIMPEG

Buka

SIMGAJI

Buka

SPPD

Buka

E-Learning

Buka

SIM Karir Guru

Buka

PPDB

Buka

Loading...