19 December 2017

Jakarta, CNN Indonesia -- Ananta Dandy Putra Tarigan menyadari betul kemampuannya di olahraga bola basket. Karena itu, MVP Top 20 di Jr. NBA Indonesia 2015 All-Star ini, ingin serius menekuni basket, meski tetap tak mau mengabaikan pendidikan formal.

Karena saya tahu kemampuan saya lebih besar di olahraga, jadi saya ingin fokus mengembangkan bakat saya di bidang ini, kata Ananta, kepada CNN Student melalui email, Rabu (30/8). Namun tentunya saya tidak melupakan akademik saya, karena akademik merupakan salah satu pintu gerbang menuju kesuksesan kelak.

Remaja kelahiran 26 Oktober 2002 ini menyukai basket karena olahraga itu dinilainya asyik dan keren. Saat ini dia bergabung di klub Sharks dan bulan Oktober nanti dia akan bertanding di ajang Asia Pasific Youth Cup di Singapura.

Tapi jalan menuju prestasi tak selalu mudah, begitu juga bagi Ananta. Pada masa awal, permainan basketnya belum berkembang sehingga dia disarankan berhenti saja. Tapi dia tak mau menyerah.

Begitu pun pada 2014 dia sempat mengikuti saringan Jr. NBA All-Star, tapi tidak lolos. Kegagalan itu tak membuatnya berhenti berlatih dengan giat. Terbukti, tahun depannya dia akhirnya masuk dan malah bercokol di 20 besar MVP.

Tapi prestasi terbaiknya, kata Ananta, adalah saat bisa mewakili Indonesia bersama tim U-16 di ajang Southeast Asia Basketball Association (SEABA) 2017 pada Mei lalu, walaupun belum bisa membawa pulang tropi kemenangan.

Dalam mengejar prestasinya, Ananta terinspirasi oleh Kyrie Irving dari Boston Celtics dan LeBron James dari Cleveland Cavaliers. James sangat bisa mengatur timnya sampai bisa menuju Final NBA 2 tahun berturut-turut walaupun tahun ini tidak bisa champion, katanya.

Yang jelas, untuk mencapai prestasi, latihan harus dilakukan segiat mungkin. Sosok yang memimpikan bisa mendapat beasiswa kuliah dan basket di Amerika atau Filipina ini, mengaku latihan hampir setiap hari. Di sisi lain, peran orangtua, doa Ibu, dan doa sendiri, juga memberinya support yang besar.

Pelatih dan Ibu adalah dua sosok paling berperan pada kiprah Ananta di dunia basket. Ibunya selalu setia mendoakan dan mengantarnya berlatih, serta mendukung seluruh kegiatan yang dia lakukan.

Terakhir, Ananta berharap dunia olahraga basket di Indonesia semakin maju, dalam hal prestasi dan juga pembinaannya. Seharusnya kita ikuti program seperti yang ada di Amerika yang telah diikuti oleh Filipina, tuturnya.

Tautan aplikasi

SIMPEG

Buka

SIMGAJI

Buka

SPPD

Buka

E-Learning

Buka

SIM Karir Guru

Buka

PPDB

Buka

Loading...